ANALISIS KLASTER MENGGUNAKAN METODE SINGLE LINKAGE, COMPLETE LINKAGE, AVERAGE LINKAGE, DAN K-MEANS UNTUK MENGELOMPOKKAN KABUPATEN DI JAWA TENGAH BERDASARKAN PRODUKSI PALAWIJA TAHUN 2015


Ninuk Dian Rahmawati , 4112313014 (2017) ANALISIS KLASTER MENGGUNAKAN METODE SINGLE LINKAGE, COMPLETE LINKAGE, AVERAGE LINKAGE, DAN K-MEANS UNTUK MENGELOMPOKKAN KABUPATEN DI JAWA TENGAH BERDASARKAN PRODUKSI PALAWIJA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112313014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (274kB) | Preview

Abstract

Tanaman palawija merupakan tanaman yang potensial untuk dikembangkan karena hasilnya dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat, sumber protein nabati, dan bahan berbagai industri. Tanaman palawija meliputi jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan dan memelihara produktivitas di sektor pertanian khusunya hasil palawija yakni dengan mengelompokkan wilayah ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan kesamaan karakteristik yang dimiliki. Analisis klaster merupakan salah satu metode dalam analisis statistik multivariat yang digunakan untuk mengelompokkan obyek-obyek ke dalam suatu kelompok berdasarkan karakteristik yang dimiliki, sehingga obyek-obyek dalam suatu kelompok memiliki ciri-ciri yang lebih homogen dibandingkan dengan obyek dalam kelompok lain. Dalam analisis klaster tedapat dua metode yaitu metode hierarki dan metode non-hierarki, contoh dari metode hierarki adalah metode Single Likage, metode Complete Linkage, dan metode Average Linkage, dan contoh dari metode non-hierarki adalah metode K-Means. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil analisis klaster dengan menggunakan metode hierarki, yakni metode Single Linkage, metode Complete Linkage, metode Average Linkage dan metode non-hierarki, yakni K-Means dalam pengelompokan kabupaten berdasarkan variabel hasil produksi palawija di Provinsi Jawa Tengah tahun 2015. Hasil pengelompokan dengan menggunakan metode hierarki, diperoleh tiga buah klaster dengan anggota dari tiap-tiap klaster, yakni klaster pertama mempunyai anggota 27 kabupaten, klaster kedua mempunyai anggota 1 kabupaten dan klaster ketiga mempunyai anggota 1 kabupaten. Sedangakan pada proses pengelompokan dengan menggunakan metode non-hierarki diperoleh tiga buah klaster dengan anggota tiap-tiap klaster, yakni klaster pertama mempunyai anggota 26 kabupaten, klaster kedua mempunyai anggota 1 kabupaten, dan klaster ketiga mempunyai anggota 2 kabupaten.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Palawija, Analisis klaster, Single Linkage, Complete Linkage, Average Linkage, K-Means
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 15:33
Last Modified: 28 Jan 2019 20:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32219

Actions (login required)

View Item View Item