Desain Lembar Kerja Siswa Berorientasi Problem Based Learning untuk Mengembangkan Intrapersonal and Mathematical-Logical Intelligences pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi
Nurul Hidayah , 4301413023 (2017) Desain Lembar Kerja Siswa Berorientasi Problem Based Learning untuk Mengembangkan Intrapersonal and Mathematical-Logical Intelligences pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Desain Lembar Kerja Siswa Berorientasi Problem Based Learning untuk Mengembangkan Intrapersonal and Mathematical-Logical Intelligences pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi)
- Published Version
Download (425kB) | Preview |
Abstract
Penelitian research and development (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berorientasi problem based learning yang layak, efektif, dan mendapat tanggapan positif dari siswa. R&D dilakukan menurut model Sugiyono (2013) meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk, uji coba skala besar, revisi produk, dan produk final. Pengambilan data dilakukan dengan lembar validasi, lembar observasi, lembar angket, dan tes yang selanjutnya dianalisis deskriptif kuantitatif. Lembar kerja siswa berorientasi problem based learning valid berdasarkan penilaian validator sebesar 3,5 dan layak berdasarkan hasil uji coba skala kecil sebesar 61. Keefektifan lembar kerja siswa berorientasi problem based learning ditinjau dari peningkatan kecerdasan intrapersonal, hasil tugas siswa secara mandiri, N-gain pretest dan posttest, dan ketuntasan klasikal siswa. Kecerdassn intrapersonal siswa pada pertemuan pertama termasuk cukup dan pertemuan kedua meningkat menjadi baik. Kemampuan praktikum siswa sangat baik. Hasil tugas mandiri siswa membuat laporan praktikum termasuk sangat baik dan tugas mandiri siswa membuat makalah aplikasi reaksi reduksi oksidasi termasuk baik. Hasil N-gain pretest dan posttest sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi. Ketuntasan klasikal yang dicapai siswa sebesar 84,4%. Tanggapan positif ditunjukkan siswa terhadap penerapan lembar kerja siswa berorientasi problem based learning yaitu 20 siswa memberi tanggapan sangat baik dan 12 siswa memberi tanggapan baik. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berorientasi problem based learning layak, efektif, dan mendapat tanggapan positif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intrapersonal, lembar kerja siswa, logika-matematika, problem based learning |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 12:46 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 12:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32207 |
Actions (login required)
View Item |