PENGARUH MODEL KAITKAN-ALAMI-PIKIRKANDISKUSIKAN- APLIKASIKAN PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SISWA MATERI HIDROLISIS DI SMAN 2 SEMARANG


Dwi Kurniawati , 4301413021 (2017) PENGARUH MODEL KAITKAN-ALAMI-PIKIRKANDISKUSIKAN- APLIKASIKAN PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SISWA MATERI HIDROLISIS DI SMAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL KAITKAN-ALAMI-PIKIRKANDISKUSIKAN- APLIKASIKAN PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SISWA MATERI HIDROLISIS DI SMAN 2 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL KAITKAN-ALAMI-PIKIRKANDISKUSIKAN- APLIKASIKAN PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KOMPETENSI SISWA MATERI HIDROLISIS DI SMAN 2 SEMARANG) - Published Version
Download (596kB) | Preview

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 mengharuskan pembelajaran berorientasi pada siswa. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran perlu diperhatikan sehingga pemahaman yang diperoleh siswa dapat mengoptiimalkan pencapaian kompetensi siswa. Pembelajaran hidrolisis garam bersifat teoritis, aplikatif dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran CTL dilaksanakan secara kelompok dengan menugaskan siswa untuk mengaitkan pengaruh larutan garam terhadap benda atau makluk hidup sehingga di yakini mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian modified pretest- posttest group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model KAPDA pada pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kompetensi siswa pada materi hidrolisis. Desain penelitian ini menggunakan modified pretest-posttest group design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan rerata, analisis pengaruh antar variabel, dan penentuan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh rata- rata nilai posttest pada kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Analisis pengaruh antar variabel menghasilkan nilai koefisien biserial sebesar 0,40 dan berkontribusi sebesar 16 % terhadap kompetensi kognitif siswa. Rata-rata kompetensi ranah afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol meskipun rata-rata kompetensi kedua kelas berkategori baik pada ranah afektif dan psikomotorik. Hasil angket respon siswa terhadap penerapan model KAPDA dengan pendekatan CTL mendapatkan respon positif dan dapat diterima siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model KAPDA pada pembelajaran contextual teaching and learning berpengaruh terhadap kompetensi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning, kompetensi siswa, pengaruh
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:25
Last Modified: 26 Jun 2019 20:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32206

Actions (login required)

View Item View Item