PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK SEBAGAI PENDAMPING BELAJAR DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA


Hengky Fransiska , 4301413019 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK SEBAGAI PENDAMPING BELAJAR DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK SEBAGAI PENDAMPING BELAJAR DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK SEBAGAI PENDAMPING BELAJAR DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA) - Published Version
Download (694kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dikatakan efektif dan bermakna ketika peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran guided discovery adalah salah satu model pembelajaran yang menuntut peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran dan menuntut peserta didiknya menemukan sendiri sebuah konsep dari materi pembelajaran. Lembar kerja peserta didik merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu serta melatih peserta didik dalam menemukan serta mengembangkan sebuah konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik sebgai pendamping belajar model pembelajaran guided discovery terhadap pemahaman konsep peserta didik. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah eksperimen. Langkah-langkahnya meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap pengambilan kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, dan X MIA 4 SMA Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Kelas kontrol dari penelitian ini adalah kelas X MIA 3 sedangkan kelas eksperimen adalah kelas X MIA 2 yang ditentukan secara cluster random sampling. Desain penelitian yang dipakai adalah post-test only design. Metode pengumpulan data meliputi metode tes, metode observasi dan metode angket. Berdasarkan uji t hasil tes pemahaman konsep diperoleh thitung (1,845) > ttabel (1,67). Hasil analisis pemahaman konsep peserta didik diperoleh kelas eksperimen sebesar 57,5% dan kelas kontrol sebesar 54,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh lembar kerja peserta didik sebagai pendamping belajar model pembelajaran guided discovery terhadap pemahaman konsep peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; Guided Discovery; Pemahaman Konsep
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:25
Last Modified: 26 Jun 2019 20:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32205

Actions (login required)

View Item View Item