PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA 1 BAE KUDUS
Reza Andhika Kusuma Ardi , 4301413016 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA 1 BAE KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA 1 BAE KUDUS)
- Published Version
Download (312kB) | Preview |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan modul terhadap hasil belajar siswa materi hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan modified pretest-posttest group comparison design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dan didapatkan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan ganda, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rb sebesar 0.43 yang masuk dalam kategori sedang, pada perhitungan menggunakan uji t menunjukkan thitung sebesar 4, sedangkan besar ttabel adalah 1.99. Berdasarkan hasil analisis thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dengan koefisien determinasi sebesar 18.22%. Pada ranah afektif diuji menggunakan korelasi biserial menunjukkan nilai rb sebesar 0.83 dengan KD sebesar 68.89%. Sedangkan pada ranah psikomotorik diuji menggunakan korelasi biserial menunjukkan nilai rb sebesar 0.83 dengan KD sebesar 68.89. Berdasarkan hasil analisis pada tiap ranah hasil belajar dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan modul berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA 1 Bae Kudus.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, modul, problem based learning. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 20:24 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 20:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32203 |
Actions (login required)
View Item |