PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TERINTEGRASI PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY PADA MATERI ASAM DAN BASA


Eti Ofriani , 4301413014 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TERINTEGRASI PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY PADA MATERI ASAM DAN BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TERINTEGRASI PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY PADA MATERI ASAM DAN BASA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TERINTEGRASI PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY PADA MATERI ASAM DAN BASA) - Published Version
Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan lembar kerja siswa terintegrasi praktikum berbasis inquiry pada pembelajaran kimia materi asam basa. Metode yang digunakan yaitu R&D yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, uji coba produk, revisi desain, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, dan uji coba pemakaian. Hasil penilaian validasi lembar kerja siswa menunjukkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan layak dengan skor rerata komponen materi/isi sebesar 3,48; penyajian sebesar 3,50; dan bahasa sebesar 3,43. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai 83,33%, psikomotorik dan afektif mencapai 100% dari jumlah siswa memperoleh skor dengan kriteria minimal baik. Pada uji coba produk, tanggapan siswa mencapai skor 51 dengan kriteria sangat baik, sedangkan pada uji coba pemakaian tanggapan siswa mencapai skor 34,77 dengan kriteria sangat baik dan tanggapan guru mencapai skor 33 dengan kriteria sangat baik. Secara keseluruhan, lembar kerja siswa terintegrasi praktikum berbasis inquiry pada materi asam dan basa layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; inquiry; lembar kerja siswa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:24
Last Modified: 26 Jun 2019 20:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32201

Actions (login required)

View Item View Item