INOVASI INSTRUMEN PENILAIAN MULTIPLE INTELLIGENCE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI HIDROLISIS BUFFER UNTUK MENGUKUR KECAKAPAN PERSONAL PESERTA DIDIK


Cipta Restu Aruni, 4301413008 (2017) INOVASI INSTRUMEN PENILAIAN MULTIPLE INTELLIGENCE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI HIDROLISIS BUFFER UNTUK MENGUKUR KECAKAPAN PERSONAL PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of INOVASI INSTRUMEN PENILAIAN MULTIPLE INTELLIGENCE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI HIDROLISIS BUFFER UNTUK MENGUKUR KECAKAPAN PERSONAL PESERTA DIDIK]
Preview
PDF (INOVASI INSTRUMEN PENILAIAN MULTIPLE INTELLIGENCE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI HIDROLISIS BUFFER UNTUK MENGUKUR KECAKAPAN PERSONAL PESERTA DIDIK) - Published Version
Download (502kB) | Preview

Abstract

Penilaian merupakan suatu bagian dari proses pembelajaran. Kecakapan personal peserta didik dapat dinilai dengan alat ukur non-tes yang sesuai tujuan dan fungsi dari instrumen. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian berbasis pendekatan saintifik yang layak dan efektif untuk mengukur kecakapan personal. Penelitian dirancang dengan desain Research and Development. Desain ini menggunakan ADDIE Model yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation dan Evaluation. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa instrumen penilaian dinyatakan telah memenuhi aspek kelayakan bahasa, penyajian dan kesesuaian dengan pendekatan saintifik sehingga layak digunakan untuk penilaian, dengan rerata skor sebesar 42 dari skor total 49 dengan kriteria sangat layak didasarkan pada penilaian pakar. Instrumen penilaian dinyatakan efektif untuk mengukur kecakapan personal peserta didik jika dapat menjenjangkan tingkat kecakapan personal peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 12 peserta didik mendapat predikat sangat cakap, 22 peserta didik memperoleh predikat cakap dan 2 peserta didik memperoleh predikat cukup cakap. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan dinyatakan layak untuk mengukur kecakapan personal peserta didik efektif. Keefektifan instrumen penilaian yang dikembangkan dilihat dari tingkat kecakapan personal peserta didik yang variatif atau instrumen penilaian yang dikembangkan dapat menjenjangkan kecakapan personal peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian; Kecakapan Personal; Pendekatan Saintifik.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:24
Last Modified: 26 Jun 2019 20:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32200

Actions (login required)

View Item View Item