PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA


Tsabit Albanani , 4301413003 (2017) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA) - Published Version
Download (782kB) | Preview

Abstract

Konsep dalam ilmu kimia dipelajari melalui tiga aspek representasi yaitu makroskopik, sub-mikroskopik, dan simbolik sehingga harus disampaikan secara terintegrasi dan proporsional dalam pembelajaran. Kenyataannya tiga aspek tersebut masih terpisah dan lebih ditekankan pada salah satu aspek saja seperti pada materi hidrolisis garam. Rendahnya pemahaman konsep hidrolisis garam juga disebabkan karena ketergantungan informasi sensorik dari penjelasan guru. Model inkuiri terbimbing tepat diterapkan dalam pembelajaran kimia dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri suatu percobaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan multi representasi terhadap pemahaman konsep siswa dan mengetahui besar pengaruh tersebut. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bumiayu pada tanggal 20 Februari – 14 Maret 2017. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes pemahaman konsep hidrolisis, dan angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling, karena populasi berdistribusi normal dan homogen. Desain penelitian yang diterapkan yaitu posttest only control group design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan rerata, analisis terhadap pengaruh variabel, dan penentuan koefisien determinasi. Hasil uji perbedaan rerata memperlihatkan t hitung pemahaman konsep 2,84 lebih besar dari t kritis pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00. Analisis pengaruh antar variabel menghasilkan nilai koefisien biserial sebesar 0,45 atau termasuk dalam kategori sedang. Perhitungan koefisien determinasi menunjukan penerapan model inkuiri terbimbing bermuatan multi representasi berkontribusi sebesar 21% terhadap pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan multi representasi berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, multi representasi, pemahaman konsep.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:24
Last Modified: 26 Jun 2019 20:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32198

Actions (login required)

View Item View Item