PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN


Annisa Fajar Riyani, 4301412097 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERPENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN) - Published Version
Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian Research and Development (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berpendekatan inkuiri terbimbing pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan yang layak, berkualitas, efektif dan dapat mengatasi kesulitan yang dialami guru dan siswa pada materi tersebut. Metode penelitan dilakukan melalui 4 tahap yakni pendahuluan, perencanaan, penyusunan dan evaluasi mengacu pada Teknis Pengembangan Bahan Ajar yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, angket tanggapan dan tes, Hasil penelitian menunjukkan kelayakan, kualitas dan keefektifan produk pengembangan. Untuk komponen isi, yakni sangat layak oleh kedua ahli materi sedangkan untuk komponen bahasa dinyatakan sangat layak oleh ahli materi 1 dan layak oleh ahli materi 2. Komponen penyajian sangat layak oleh ahli media 1 dan 2 sedangkan komponen kegrafikan dinyatakan sangat layak oleh ahli media 1 dan layak oleh ahli media 2. Berdasarkan hasil penilaian maka kualitas Lembar Kerja Siswa menurut para ahli adalah sangat baik sesuai dengan kriteria BNSP dengan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 87,5 %. Keefektifan LKS ditinjau dari ketuntasan klasikal yakni sebesar 3,125%.LKS juga mendapatkan respon yang baik dari calon guru, siswa dan guru. Berdasarkan data yang telah dihimpun dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan layak, dengan kualitas baik dan mendapat respon yang baik namun tidak efektif dan tidak dapat mengatasi kesuliatan yang dialami oleh guru dan siswa. Saran untuk penelitian ini adalah perlu adanya perencanaan yang sangat matang dalam pelaksanaan uji coba skala besar dan menjaga korordinasi dengan guru pendamping

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Lembar Kerja Siswa, Kelarutan,
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:24
Last Modified: 26 Jun 2019 20:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32195

Actions (login required)

View Item View Item