PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASILKALI KELARUTAN


Rizki Suhendar Putra , 4301412084 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASILKALI KELARUTAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASILKALI KELARUTAN]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASILKALI KELARUTAN) - Published Version
Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 1 Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest-group design dengan sistem pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Subjek penelitian sebanyak dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol yaitu XI MIPA 3 dan kelas eksperimen yaitu XI MIPA 2. Perlakuan yang diterapkan pada dua kelas dibedakan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada kela eksperimen dan untuk kelas kontrol tidak menggunakan media pembelajarn berbasis aplikasi android. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes soal uraian dan non tes berupa angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) uji t terhadap hasil belajar dengan diperoleh thitung = 1.98 berada di luar daerah kritis ttabel = 1,664 sehingga dapat dinyatakan rata –rata nilai kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, (2) harga koefisien korelasi biserial yang didapat sebesar 0,775 dan koefisien determinasi sebesar 60,16% sehingga pengunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android memiliki pengaruh sebesar 60,16% terhadap hasil belajar dan (3) media pembelajaran berbasis aplikasi android mendapat respon positif bagi siswa dengan hasil angket sebesar 80,05 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media berbasis aplikasi android, hasil belajar siswa, kelarutan dan hasil kali kelarutan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:24
Last Modified: 26 Jun 2019 20:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32194

Actions (login required)

View Item View Item