“DESAIN STUDENT PRACTICAL WORKSHEET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK INDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI KOLOID KELAS XI SMA”


Fikki Pramita Widodo, 4301411069 (2017) “DESAIN STUDENT PRACTICAL WORKSHEET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK INDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI KOLOID KELAS XI SMA”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “DESAIN STUDENT PRACTICAL WORKSHEET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK INDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI KOLOID KELAS XI SMA”]
Preview
PDF (“DESAIN STUDENT PRACTICAL WORKSHEET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK INDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI KOLOID KELAS XI SMA”) - Published Version
Download (633kB) | Preview

Abstract

Student Practical Worksheet (LKPS) bagi siswa, khusus untuk proses pembelajaran dengan praktikum yang memungkinkan siswa mampu secara mandiri merancang konsep kegiatan praktikum, belum sering digunakan. Desain student practical worksheet berbasis proyek diharapkan mampu menjawab permasalahan dan mengoptimalkan potensi, serta mampu mengembangkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Student Practical Worksheet (LKPS) berbasis project based learning untuk mengidentifikasi ketrampilan proses sains siswa yang layak, efektif, praktis dan mendapat respon yang positif dari penggunanya. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Develpoment. Desain ini menggunakan Three-D Models yaitu Define, Design, and Develop. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 2 Semarang pada siswa kelas XI untuk menguji kelayakan, kefektifan, kepraktisan dan respon user terhadap Student Practical Worksheet (LKPS). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitiatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Student Practical Worksheet (LKPS) dinyatakan efektif karena 29 siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada hasil tes dan ketrampilan proses sainsnya mendapat predikat baik. Indikator keterampilan proses sains yang memperoleh skor tertinggi hasil observasi yaitu keterampilan mengamati. Keterampilan menggunakan alat/bahan memperoleh rerata skor terendah. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa LKPS dinyatakan praktis dan mendapat respon baik dari penggunanya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Student Practical Worksheet (LKPS) berbasis project based learning untuk identifikasi ketrampilan proses sains dinyatakan layak, efektif, praktis, dan mendapat respon positif dari penggunanya sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project based learning, ketrampilan proses sains, lkps
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry > Chemical Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:23
Last Modified: 26 Jun 2019 20:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32192

Actions (login required)

View Item View Item