PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI KOLOID


Muhammad Nur Akrom, 4301410021 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI KOLOID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI KOLOID]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI KOLOID) - Published Version
Download (380kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran kimia dianggap sulit dan abstrak karena beberapa hal seperti atom, elektron, dan unsur tidak kasat mata. Agar siswa bisa menerima pelajaran kimia dengan mudah, pembelajaran kimia harus menyenangkan dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning. Jika siswa sudah merasa senang dan termotivasi belajar kimia, diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok materi koloid. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Institut Indonesia Semarang. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Metode pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan ganda, observasi dan dokumentasi. Dari perhitungan nilai prestes dan postes, didapatkan nilai thitung > ttabel dimana thitung sebesar 5,83 dan ttabel sebesar 2,06. Hal ini menunjukkan model pembelajaran contextual teaching and learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar aspek afektif siswa mencapai nilai rata-rata 81,37 yang masuk dalam kategori baik. Hasil belajar psikomotorik siswa mencapai nilai rata-rata 72 yang masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning, koloid, model pembelajaran.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry > Chemical Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:23
Last Modified: 26 Jun 2019 20:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32190

Actions (login required)

View Item View Item