MODEL REGRESI POISSON TERBAIK MENGGUNAKAN ZERO-INFLATED POISSON (ZIP) DAN ZERO-INFLATED NEGATIVE BINOMIAL (ZINB)


Ilham Kurniawan , 4111413010 (2017) MODEL REGRESI POISSON TERBAIK MENGGUNAKAN ZERO-INFLATED POISSON (ZIP) DAN ZERO-INFLATED NEGATIVE BINOMIAL (ZINB). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111413010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (525kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bentuk model Zero-Inflated Negative Poisson (ZIP) dan Zero-Inflated Negative Binomial (ZINB) dalam regresi Poisson yang terjadi pelanggaran asumsi equidispersi yaitu berupa overdispersi dengan data berupa kematian balita Puskesmas Tirto Kota Pekalongan tahun 2016 serta mengetahui model terbaik diantara keduanya. Penelitian ini melakukan estimasi dengan metode maximum likelihood disertai dengan algoritma expectation maximization, dilanjutkan dengan pengujian kesesuaian model dengan menggunakan likehood ratio test dan pengujian signifikansi parameter dengan uji Wald dan dilakukan pemilihan model terbaik menggunakan Akaike Information Criterion (AIC) dengan mengambil nilai AIC yang terkecil. Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah program R 2.10.0. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini model ZIP adalah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Overdispersi, Regresi Poisson, Zero-Inflated Poisson (ZIP), Zero-Inflated Negative Binomial (ZINB)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2019 16:00
Last Modified: 16 Jan 2019 16:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32187

Actions (login required)

View Item View Item