PENERAPAN ALGORITMA KRUSKAL DAN SOLLIN PADA PENDISTRIBUSIAN AIR PDAM TIRTA AJI CABANG WONOSOBO DAN PENGGUNAAN MICROSOFT VB 6.0 SEBAGAI PEMBANDINGNYA


Agustaf Prasetiyo , 4111412052 (2017) PENERAPAN ALGORITMA KRUSKAL DAN SOLLIN PADA PENDISTRIBUSIAN AIR PDAM TIRTA AJI CABANG WONOSOBO DAN PENGGUNAAN MICROSOFT VB 6.0 SEBAGAI PEMBANDINGNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111412052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (453kB) | Preview

Abstract

Algoritma Kruskal dan algoritma Sollin adalah algoritma dalam teori graf yang dapat digunakan untuk mencari pohon rentang minimal untuk graf berbobot. Pada penelitian ini, digunakan software Microsoft Visual Basic 6.0 untuk membuat program yang digunakan untuk mempermudah dalam pencarian pohon rentang minimal yang melibatkan banyak titik dan sisi. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana hasil pendistribusian air minimal yang berupa pohon rentang minimal menggunakan algoritma Kruskal dan algoritma Sollin, serta bagaimana membangun program untuk mencari pohon rentang dari pipa pendistribusian air menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dari algoritma Kruskal dan algoritma Sollin. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara mengambil data sekunder dari PDAM Kabupaten Wonosobo. Dari data sekunder yang diperoleh dapat disusun gambar jaringan. Selanjutnya dapat diperoleh pohon rentang minimal menggunakan algoritma Kruskal dan algoritma Sollin. Algoritma Kruskal dan algoritma Sollin diterapkan untuk membangun program pada Microsoft Visual Basic 6.0, kemudian digunakan untuk mencari pohon rentang minimal dari pipa pendistribusian air. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil pohon rentang minimal menggunakan algoritma Kruskal dan algoritma Sollin serta aplikasi yang dibangun menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 adalah 36.715 m. Hal ini berarti dapat dilakukan penghematan pipa pendistribusian air sepanjang 9.027 m dari panjang total pipa sebelumnya 45.742 m. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian adalah diharapkan pada penelitian-penelitian selanjutnya dapat menggunakan kasus yang mempunyai ketentuan khusus seperti adanya sisi-sisi yang harus terpilih dalam jaringan, dan dapat mengembangkan program dari algoritma Sollin untuk kasus-kasus umum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kruskal, Sollin, Pohon Rentang, VB 6.0
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2019 13:39
Last Modified: 05 Apr 2019 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32180

Actions (login required)

View Item View Item