PERBANDINGAN ALGORITMA GREEDY DAN ALGORITMA A* PADA PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (Studi Kasus: Pendistribusian Air Minum Isi Ulang di Home Industry Rizqua Kabupaten Pekalongan)


Mualif Akhyar , 4111412027 (2017) PERBANDINGAN ALGORITMA GREEDY DAN ALGORITMA A* PADA PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (Studi Kasus: Pendistribusian Air Minum Isi Ulang di Home Industry Rizqua Kabupaten Pekalongan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111412027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (568kB) | Preview

Abstract

Teori graf merupakan cabang dari matematika yang sebenarnya sudah ada sejak lebih dari dua ratus tahun silam. Menemukan rute terpendek adalah usaha untuk mencari rute yang paling pendek jaraknya dari posisi awal hingga akhir dengan nilai yang paling kecil dibandingkan dengan seluruh rute yang ada. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana penerapan algoritma Greedy dan algoritma A* untuk mencari rute terpendek pendistribusian air minum isi ulang dari home industry Rizqua di Kabupaten Pekalongan dan mengetahui apakah implementasi algoritma Greedy dan algoritma A* dapat berpengaruh terhadap home industry Rizqua di Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan yaitu identifikasi permasalahan, investigasi awal yang meliputi studi literatur, observasi, menetukan masalah, dan tujuan, persiapan penelitian yang meliputi perijinan dan pengambilan data di lapangan, penyelesaian yang meliputi perencanaan, pengolahan data dan analisis data. Hasil penelitian berdasarkan algoritma A* untuk mengetahui jarak yang dapat dilalui agar memperoleh jarak terpendek tanpa agar memperoleh jarak terpendek tanpa memperdulikan kondisi kepadatan lalu lintas diperoleh panjang rute 19,55 Km. Sedangkan algoritma A* untuk mengetahui kepadatan lalu lintas agar memperoleh efisiensi waktu tempuhnya dengan memperdulikan kondisi jaraknya diperoleh panjang rute 27,80 Km. Berdasarkan algoritma Greedy untuk mengetahui jarak yang dapat dilalui agar memperoleh jarak terpendek tanpa memperdulikan kondisi kepadatan lalu lintas diperoleh panjang rute 23,95 Km. Sedangkan algoritma Greedy untuk mengetahui kepadatan lalu lintas agar memperoleh efisiensi waktu tempuhnya dengan mempedulikan kondisi jarak diperoleh hasil panjang rute 28,7 Km. Rute yang dihasilkan algoritma A* dapat menyelesaikan masalah pendistribusian air minum isi ulang dari home industry Rizqua di Kabupaten Pekalongan, karena panjang rute yang dihasilkan lebih pendek daripada rute dari home industry tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Traveliing Salesman Problem, Pendistribusian Barang, Algoritma Greedy, Algoritma A*, Javascript
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 14 Jan 2019 15:20
Last Modified: 14 Jan 2019 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32168

Actions (login required)

View Item View Item