PENERAPAN SISTEM INFERENSI FUZZY METODE MAMDANI UNTUK PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI BARANG (Studi Kasus: Eggroll Papang, Boyolali)


Rizky Purwandito , 4111411060 (2017) PENERAPAN SISTEM INFERENSI FUZZY METODE MAMDANI UNTUK PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI BARANG (Studi Kasus: Eggroll Papang, Boyolali). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111411060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (544kB) | Preview

Abstract

Eggroll Papang merupakan salah satu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari Kabupaten Boyolali yang telah berdiri dari tahun 2005. Saat ini Eggroll Papang telah didistribusikan ke berbagai kota besar di Jawa Tengah. Masalah selanjutnya adalah dengan permintaan distribusi yang tinggi, UKM Eggroll Papang belum didukung dengan tempat penyimpanan yang cukup luas. Masalah lain adalah dengan perkembangan teknologi saat ini UKM Eggroll Papang belum didukung dengan sistem komputerisasi yang baik. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Sistem Inferensi Fuzzy Metode Mamdani untuk menentukan jumlah produksi barang berdasarkan data persediaan barang dan jumlah permintaan barang di Eggroll Papang, Boyolali? (2) Bagaimana perbandingan perhitungan Sistem Inferensi Fuzzy Metode Mamdani dengan hasil produksi UKM Eggroll Papang, Boyolali? (3) Bagaimana rancangan aplikasi sistem penentuan jumlah produksi Eggroll dengan menggunakan Sistem Inferensi Fuzzy Metode Mamdani di Eggroll Papang, Boyolali? Dalam penentuan ini terdapat empat langkah untuk menentukan jumlah produksi Eggroll dengan metode Mamdani, yaitu: mendefinisikan variabel fuzzy (fuzzyfikasi), inferensi fuzzy, komposisi aturan dan defuzzifikasi. Pembuatan aplikasi sistem penentuan produksi dikembangkan dengan metode waterfall, dengan proses analisis kebutuhan sistem, desain sistem, pengkodean dan pengujian sistem. Aplikasi dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan admin, pegawai dan distributor. Pengujian aplikasi dilakukan dengan metode blackbox. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah dengan data permintaan dan persediaan pada bulan desember 2016 sebesar 2400 dus dan 260 dus serta menggunakan 9 aturan fuzzy pada tahap inferensi fuzzy diperoleh jumlah eggroll yang harus diproduksi sebesar 2235 dus. Simpulan yang diperoleh adalah (1) Sistem inferensi fuzzy metode Mamdani dapat diterapkan dalam menentukan jumlah produksi eggroll Papang berdasarkan data permintaan, persediaan dan produksi pada UKM Eggroll Papang Boyolali (2) Hasil perhitungan menggunakan Metode Mamdani menunjukan hasil yang lebih optimal dibandingkan hasil produksi UKM Eggroll Papang. (3) Aplikasi sistem penentuan jumlah produksi Eggroll dengan menggunakan Sistem Inferensi Fuzzy Metode Mamdani di Eggroll Papang, Boyolali dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL tanpa adanya kesalahan sintax.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Inferensi Fuzzy metode Mamdani, PHP, MySQL
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 14 Jan 2019 15:12
Last Modified: 14 Jan 2019 15:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32166

Actions (login required)

View Item View Item