SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PENGELOLAAN IURAN BULANAN BERBASIS SMS GATEWAY MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK PROTOTYPE (studi kasus: MA Al-Ishlah)


Nugraha Saputra Adha , 4111411059 (2017) SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PENGELOLAAN IURAN BULANAN BERBASIS SMS GATEWAY MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK PROTOTYPE (studi kasus: MA Al-Ishlah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111411059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (325kB) | Preview

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan menjadi salah satu kebutuhan primer di jaman yang modern ini. Berdasarkan observasi yang telah penulis lakukan, untuk mendapatkan pendidikan formal (studi kasus: MA Al-Ishlah) orang tua/wali siswa diminta untuk memberikan bantuan dalam bentuk iuran, diantaranya iuran bulanan. Namun, dengan adanya iuran bulanan ini sering muncul permasalahan kenakalan siswa yang terkait iuran bulanan tersebut. Salah satu diantaranya, siswa tidak membayarkan iuran yang telah diberikan oleh orang tua/wali. Untuk itu harus ada pendidikan dan pengawasan lebih terhadap tanggung jawab yang telah diberikan oleh orang tua/wali. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan informasi secara langsung kepada wali murid. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi SMS Gateway. Dalam perancangan sistem informasi administrasi ini penulis menggunakan software Visual Basic .Net serta MySQL Server sebagai database serta menggunakan model prototype dalam proses pengembangan aplikasi. Model prototype dimulai dengan melakukan normalisasi terdahap data yang diperoleh. Dilanjutkan dengan membuat ERD, kemudian merancang program dengan membuat flowchart, usecase diagram, activity diagram, membuat tampilan program yang diakhiri meng-coding program sehingga terbentuk protype. Prototype yang telah jadi dikonsultasikan dengan pengguna untuk mengetahui apakah program yang telah dibuat telah memenuhi semua kebutuhan pengguna. Perbaikan terhadap prototype apabila prototype belum memenuhi kebutuhan dari penggunanya. Hasil penelitian ini berupa sebuah program yang mampu membantu petugas dalam mengelola administrasi keuangan sekolah. Pada program ini, pegawai sekolah dapat melakukan pengelolaan transaksi pembayaran, pelaporan transaksi baik laporan pembayaran maupun laporan tunggakan dan pencatatan data siswa dan wali murid. Selain itu program ini juga dapat mengirimkan pesan singkat berbasis Sort Message Service (SMS) kepada wali murid sebagai pengingat maupun sebagai bukti pembayaran. Untuk pngembangan lebih lanjut, saran yang dapat diberikan pada skripsi ini adalah sistem ini dapat dikembangkan lagi dengan mengintegrasikan dengan sistem informasi yang lain, seperti sistem informasi akademik, sistem informasi perpustakaan, sistem informasi absensi siswa serta sistem informasi catatan guru bimbingan konseling, sehingga kedepannya dapat mempermudah orang tua/wali dalam mengawasi putra/putrinya di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Administrasi, SMS Gateway
Subjects: Q Science > QA Mathematics
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2019 15:05
Last Modified: 14 Jan 2019 15:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32165

Actions (login required)

View Item View Item