APLIKASI METODE ELECTRE DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN WAKIL KEPALA SEKOLAH (Studi Kasus: MTs Miftahussalam 1 Demak)


Muhammad Hasan , 4111411035 (2017) APLIKASI METODE ELECTRE DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN WAKIL KEPALA SEKOLAH (Studi Kasus: MTs Miftahussalam 1 Demak). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111411035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (435kB) | Preview

Abstract

Wakil kepala sekolah merupakan jabatan yang sangat esensial, karena mereka adalah tangan kepala sekolah dalam segala bidang untuk melaksanakan semua kebijakan yang ada di sekolah. Pemilihan wakil kepala sekolah merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan setiap periode oleh MTs Miftahussalam 1 Demak. Proses pemilihan tersebut masih dilakukan secara manual, maka dari itu perlu dibuatkan aplikasi pemilihan wakil kepala sekolah yang lebih baik guna mempermudah pihak sekolah dalam menentukan wakil kepala sekolah terbaik. Metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan pemilihan wakil kepala sekolah adalah metode Elimination Et Choix TRaduisant la realitE (ELECTRE). Metode electre adalah suatu metode pengambilan keputusan multikriteria berdasarkan proses outrangking dengan menggunakan perbandingan berpasangan dari alternatif-alternatif berdasarkan setiap kriteria yang sesuai. Metode electre digunakan untuk melakukan perankingan dalam menentukan alternatif terbaik. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah alternatif pegawai yang memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan alternatif pegawai yang lain. Dari hasil perankingan dengan menggunakan sistem ini diperoleh bahwa pegawai yang menempati rangking teratas adalah 018 (dengan nilai = 14,731) kemudian diikuti dengan 007 (dengan nilai = 12,728) dan 019 (dengan nilai = 11,358) dan 022 (dengan nilai = 7,325), sehingga pegawai tersebut merupakan rekomendasi pegawai yang terpilih sebagai wakil kepala sekolah. Simpulan yang diperoleh adalah perancangan sistem pendukung keputusan pemilihan wakil kepala sekolah menggunakan metode electre dibuat berdasarkan hasil yang telah diperoleh dari tahap pengumpulan data, selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk membuat desain sistem; dan implementasi metode electre pada sistem pendukung keputusan pemilihan wakil kepala sekolah ini dapat menentukan bobot kriteria yang konsisten dan memberikan alternatif pegawai dengan nilai tertinggi yang terpilih sebagai wakil kepala sekolah. Sistem ini dapat dikembangkan dengan menambahkan bilangan fuzzy, menambahkan kriteria lain yang mendukung pemilihan wakil kepala sekolah, serta dapat menggunakan penggabungan metode lain untuk mendapat keputusan yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Electre, Pemilihan Wakil Kepala Sekolah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2019 13:55
Last Modified: 14 Jan 2019 14:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32163

Actions (login required)

View Item View Item