PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TYPE GUIDE NOTE TAKING BERBANTUAN LKS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMA SEMESTA BILINGUAL BOARDING SCHOOL


Merve Boyaci , 4101413189 (2017) PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TYPE GUIDE NOTE TAKING BERBANTUAN LKS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMA SEMESTA BILINGUAL BOARDING SCHOOL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413189.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (204kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pembelajaran active learning type guided note taking berbantuan LKS untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah quasy eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Semesta Billingual Boarding School yang terdiri dari 3 kelas. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Kelas X.3 digunakan untuk uji coba instrumen. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran keaktifan dan kemampuan koneksi matematis siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, t tes, dan uji gain. Hasil penilitian ini adalah; (1) pembelajaran active learning type guide note taking berbantuan LKS pada kemampuan koneksi matematis dapat tuntas, (2) kemampuan koneksi matematis dan keaktifan siswa yang diberikan pembelajaran active learning type guide note taking lebih tinggi dibandingkan dengan kelas konvensional, (3) pembelajaran active learning type guide note taking dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan koneksi matematis siswa SMA. Peneliti menyarankan bahwa siswa ketika mengikuti pembelajaran active learning type guide note taking benar-benar aktif mengikuti pembelajaran dan jika ingin meningkatkan kemampuan koneksi matematis sebaiknya menggunakan pembelajaran active learning type guide note taking berbantuan LKS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Active Learning Type Guided Note Taking ,LKS, Kemampuan koneksi matematis dan Keaktifan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 15:14
Last Modified: 10 Jan 2019 15:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32158

Actions (login required)

View Item View Item