KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT


Indi Rifki Ana Disty , 4101413182 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413182.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (547kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada model pembelajaran guided discovery siswa dituntut untuk dapat aktif dan kreatif dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran guided discovery efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian ini adalah mixed methods dengan desain penelitian squential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 24 Semarang, pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling terpilih sebagai sampel adalah kelas VII-C. Kemudian untuk subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa yaitu 2 subjek kelompok atas, 2 subjek kelompok tengah, dan 2 subjek kelompok bawah berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematispada kelas VII C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran guided discovery mencapai ketuntasan individual dan klasikal; (2) subjek pada kelompok atas mampu memenuhi 3 indikator komunikasi matematis, subjek pada kelompok tengah mampu memenuhi 2 indikator komunikasi matematis, dan subjek kelompok bawah mampu memenuhi 1 indikator komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Guided Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 15:11
Last Modified: 10 Jan 2019 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32157

Actions (login required)

View Item View Item