KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN PROBLEM CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII


Endha Widya Ningsih , 4101413174 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN PROBLEM CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413174.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (440kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan problem card dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan problem card lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Fokus penelitian ini adalah pada penggunaan model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan problem card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa materi aritmetika sosial. Indikator kemampuan berpikir kreatif yang diteliti dalam penelitian ini adalah kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality) dan keterperincian (elaboration). Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain true experimental dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester VII SMP Negeri 24 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling, dengan teknik tersebut diperoleh siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Problem Card dan siswa kelas VII G sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan dengan mengukur tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Analisis data awal menunjukkan bahwa data dari kedua kelas penelitian berdistribusi normal, homogen, dan mempunyai rata-rata yang sama. Hasil analisis data akhir diperoleh bahwa: (1) penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan problem card dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan problem card efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Group Investigation, Problem Card, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 15:01
Last Modified: 10 Jan 2019 15:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32156

Actions (login required)

View Item View Item