KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING


Khamida Nuriana , 4101413161 (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413161.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (555kB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi adalah kemampuan berpikir reflektif. Kemampuan berpikir reflektif siswa adalah kemampuan siswa dalam memberikan pertimbangan pada proses belajar yang dilakukannya secara aktif. Gaya kognitif adalah suatu proses dalam menyimpan maupun menggunakan informasi untuk merespon permasalahan pada lingkungannya. Gaya kognitif pada penelitian ini adalah gaya kognitif FD dan FI. Sementara itu, model pembelajaran PBL mampu memberikan lingkungan belajar yang mendukung kemampuan berpikir reflektif matematis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji keefektifan model pembelajaran PBL dalam mendukung kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi segiempat dan (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi segiempat menggunakan model pembelajaran PBL ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan desain sekuensial eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Demak, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Diperoleh sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Sedangkan subjek penelitian dilakukan dengan berdasarkan pertimbangan skor Group Embedded Figures Test dan hasil Tes Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis sehingga diperoleh 6 subjek yang terbagi menjadi tiga subjek bergaya kognitif FD dan tiga subjek bergaya kognitif FI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL efektif mendukung kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi segiempat dan siswa bergaya kognitif FD dan FI mampu melaksanakan semua indikator kemampuan berpikir reflektif matematis yang memiliki deskripsi yang berbeda. Subjek penelitian FD dan FI mampu menyelesaikan TKBRM menggunakan tahap penyelesaian masalah Polya. Subjek penelitian FD dan FI mampu melaksanakan lima indikator kemampuan berpikir reflektif matematis dengan penjelasan yang berbeda pada setiap subjek penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Gaya Kognitif, Problem-Based Learning (PBL), Field-Dependent (FD), Field-Independent (FI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 14:22
Last Modified: 10 Jan 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32152

Actions (login required)

View Item View Item