ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED


Umi Ida Pangestika , 4101413151 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413151.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (498kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model CUPs dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar dan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII berdasarkan metakognitif pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar menggunakan model CUPs dengan pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi atau mixed methods yaitu menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang tahun ajaran 2016/2017 dan sampel adalah kelas VIII H sebagai kelas kontrol serta kelas VIII I sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket, tes dan wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan uji ketuntasan, uji kesamaan rata-rata, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar menggunakan model CUPs dengan pendekatan open-ended mencapai ketuntasan klasikal dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar menggunakan model CUPs dengan pendekatan open-ended lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar menggunakan model konvensional; (2) siswa dengan kemampuan metakognitif tinggi memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan mengecek kembali (menyimpulkan hasil). Siswa dengan kemampuan metakognitif sedang memenuhi ketiga indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan melaksanakan rencana pemecahan masalah. Siswa dengan kemampuan metakognitif rendah memenuhi satu dari empat indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, metakognitif, CUPs, pendekatan open-ended
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 19:02
Last Modified: 07 Jan 2019 19:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32149

Actions (login required)

View Item View Item