KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA SISWA KELAS X


Nikki Nurhidayah , 4101413149 (2017) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413149.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA N 1 Pekalongan dan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA N 1 Pekalongan berdasarkan multiple intelligences pada pembelajaran matematika materi trigonometri menggunakan model RTE. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi atau mixed methods yaitu menggabungkan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pekalongan tahun ajaran 2016/2017. Sedangkan sampel yang dipilih adalah kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik random cluster. Subjek penelitian adalah 6 siswa dari kelas X MIPA 4. Subjek yang dipilih adalah tiga siswa dari kelompok kecerdasan logical mathematical intelligence yang memiliki kemampuan komunikasi tinggi, sedang, dan rendah, serta tiga siswa dari kelompok kecerdasan visual spatial intelligence yang memiliki kemampuan komunikasi tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes dan wawancara. Data mengenai kemampuan komunikasi matematis dianalisis dari pengkategorian tipe kecerdasan berdasakan angket multiple intelligences dan tes kemampuan komunikasi matematis yang menghasilkan tingkat kemampuan komunikasi matematis yang selanjutnya dianalisis karakteristik kemampuan komunikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran RTE efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA N 1 Pekalongan yang dibuktikan dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis kelas yang menggunakan model RTE mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model RTE lebih baik daripada siswa yang menggunakan model ekspositori; (2) siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi tipe logical mathematical intelligence dan visual spatial intelligence memenuhi 6 indikator komunikasi matematis dikarenakan subjek aktif dalam diskusi dan berani mengemukakan ide di depan kelas sehingga kemampuan komunikasinya baik; (3) siswa dengan kemampuan komunikasi matematis sedang tipe logical mathematical intelligence dan visual spatial intelligence memenuhi 5 indikator komunikasi matematis dikarenakan subjek sedikit kurang teliti dan terburu-buru dalam mengerjakan soal sehingga satu indikator belum dapat terpenuhi; (4) siswa dengan kemampuan komunikasi matematis rendah tipe logical mathematical intelligence memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi matematis, dan visual spatial intelligence memenuhi dua indikator komunikasi matematis dikarenakan subjek cenderung mengikut jawaban dari teman sekelompoknya, dan kurang aktif dalam diskusi sehingga kemampuan komunikasi matematisnya masih kurang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Multiple Intelligences, RTE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 18:59
Last Modified: 07 Jan 2019 19:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32148

Actions (login required)

View Item View Item