KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PREVIEW-QUESTIONREAD- REFLECT-RECITE-REVIEW


Fiatun Istiqomah , 4101413134 (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PREVIEW-QUESTIONREAD- REFLECT-RECITE-REVIEW. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413134.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (382kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran PQ4R dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik; (2) mengetahui klasifikasi peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dalam konteks pembelajaran PQ4R; dan (3) mendeskripsikan miskonsepsi penghambat kemampuan berpikir kreatif matematis pada tingkat rendah ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi atau mixed methods. Populasi pada penelitian kuantitatif adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Semarang tahun pelajaran 2016/2017 dengan kelas VII A dan VII B sebagai sampel yang dipiliih menggunakan teknik random sampling. Kelas VII A dipilih sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII B dipilih sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian kualitatif sebanyak 7 peserta didik dari kelas VII A yang dipilih berdasarkan gaya belajar pada tingkat berpikir kreatif rendah. Pengambilan data menggunakan metode angket, observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran PQ4R efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis; (2) klasifikasi peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis diperoleh dari 30 peserta didik terdapat 8 peserta didik berada pada tingkat 4, 10 peserta didik berada tingkat 3, 4 peserta didik berada pada tingkat 2, 3 peserta didik berada pada tingkat 1, dan 5 peserta didik berada pada tingkat 0; (3) Subjek dengan tingkat berpikir kreatif matematis rendah pada tipe gaya belajar: (a) visual mengalami miskonsepsi penghambat dengan indikator klasifikasi contoh-contoh yang salah tentang penerapan konsep, pemaknaan konsep yang berbeda, kekacauan konsep-konsep yang berbeda, dan hubungan hirarkis konsep-konsep yang tidak benar; (b) auditorial mengalami miskonsepsi penghambat dengan indikator pengertian yang tidak akurat dengan konsep, penggunaan konsep yang salah, dan klasifikasi contoh-contoh yang salah tentang penerapan konsep; dan (c) kinestetik mengalami miskonsepsi penghambat dengan indikator pengertian yang tidak akurat tentang konsep, penggunaan konsep yang salah, klasifikasi contohcontoh yang salah tentang penerapan konsep, pemaknaan konsep yang berbeda, kekacauan konsep-konsep yang berbeda, dan hubungan hirarkis konsep-konsep yang tidak benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir, kreatif matematis, gaya belajar, PQ4R
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 18:52
Last Modified: 07 Jan 2019 18:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32146

Actions (login required)

View Item View Item