EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP KELAS VII MATERI GEOMETRI


Puput Relitasari , 4101413130 (2017) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP KELAS VII MATERI GEOMETRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413130.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (509kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan peserta didik untuk mengembangkan struktur berpikir dan membangun konsep yang terintegrasi dalam matematika untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara yang baru. Ice Breaking sering disebut sebagai pemecah kebekuan, misalnya dilaksanakan selama kegiatan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) menguji penerapan model Discovery Learning berbantuan Ice Breaking membuat kemampuan berpikir kreatif matematis mencapai ketuntasan belajar, (2) menguji penerapan model Discovery Learning berbantuan Ice Breaking lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis daripada penerapan model Discovery Learning, dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik menggunakan penerapan model Discovery Learning berbantuan Ice Breaking. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan desain concurrent embedded design. Penelitian kuantitatif dan kualitatif dilaksanakan secara bersamaan. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan One-Group Pre-Test Post-Test Design. Sampel penelitiannya adalah peserta didik SMPN 30 Semarang kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif matematis dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji ketuntasan individual, uji ketuntasan klasikal, uji gains score, dan uji kesamaan rata-rata dua pihak. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan Ice Breaking mencapai ketuntasan belajar dan lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis daripada penerapan model Discovery Learning. Peserta didik dengan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis kategori tinggi dan sedang dikelompokan berdasarkan indikator fluency, originality, elaboration dan flexibility, originality, elaboration. Peserta didik yang mengalami peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis kelas eksperimen dengan kategori tinggi sebanyak 26 peserta didik, sedangkan dengan kategori sedang sebanyak 4 peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, Discovery Learning, Ice Breaking, kemampuan berpikir kreatif matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 18:48
Last Modified: 07 Jan 2019 18:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32145

Actions (login required)

View Item View Item