ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI DITINJAU DARI KARAKTER CARA BERPIKIR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL CORE


Ririn Riana , 4101413128 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI DITINJAU DARI KARAKTER CARA BERPIKIR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL CORE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413128.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (457kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah membutuhkan penyatuan dan perluasan pengetahuan yang diketahui serta memilih konsep yang tepat sehingga mampu memecahkan masalah. Penyatuan pengetahuan erat hubungannya dengan mengaitkan pengetahuan. Kemampuan untuk mengaitkan antar konsep matematika termasuk dalam kemampuan koneksi matematis. Sementara itu, kegagalan atau keberhasilan belajar tergantung kepada peserta didik yang memiliki cara berpikirnya masingmasing. Untuk mengetahui bagaimana keterkaitan antara karakter cara berpikir peserta didik dengan kemampuan koneksi matematis, maka diadakan analisis terkait hal tersebut. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematis peserta didik tipe sekuensial konkret; (2) mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematis peserta didik tipe sekuensial abstrak; (3) mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematis peserta didik tipe acak konkret; dan (4) mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematis peserta didik tipe acak abstrak pada pembelajaran geometri materi luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok dengan model CORE. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 3 peserta didik tiap karakter cara berpikir dari kelas VIII A SMP Negeri 1 Wedarijaksa Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terpillih berdasarkan pertimbangan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket karakter cara berpikir, tes, dan wawancara. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode yakni membandingkan hasil tertulis dari metode tes dan hasil lisan dari metode wawancara kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian adalah deskripsi kemampuan koneksi matematis tipe sekuensial konkret, tipe sekuensial abstrak, tipe acak konkret, dan tipe acak abstrak. Berdasarkan analisis kemampuan koneksi matematis dengan menggunakan 3 sub indikator yakni (1) menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, (2) menuliskan konsep yang mendasari jawaban dan menyelesaikan masalah dengan tepat, dan (3) menuliskan simpulan jawaban, diketahui bahwa tipe sekuensial konkret memiliki kemampuan koneksi matematis yang lebih baik dari karakter cara berpikir yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, kemampuan koneksi matematis, model CORE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 15:18
Last Modified: 07 Jan 2019 15:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32144

Actions (login required)

View Item View Item