PENGARUH IQ DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN LKPD


Karsim , 4101413109 (2017) PENGARUH IQ DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN LKPD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413109.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (591kB) | Preview

Abstract

IQ merupakan salah satu faktor internal yang mempengaruhi prestasi akademik seseorang. Disposisi matematis adalah aspek afektif yang memegang peranan penting pada pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan, dan kecukupan unsur yang diperlukan, mampu membuat atau menyusun model matematika, dapat memilih dan mengembangkan strategi pemecahan, mampu menjelaskan dan memeriksa kebenaran jawaban yang diperoleh. Model pembelajaran PBL merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa melalui pemecahan masalah. LKPD merupakan sarana pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan keterlibatan atau aktivitas siswa dalam proses belajar-mengajar. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui capaian kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model PBL berbantuan LKPD; (2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model PBL berbantuan LKPD dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model PjBL; (3) mengetahui pengaruh IQ terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model PBL berbantuan LKPD; (4) mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model PBL berbantuan LKPD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental designs. Subjek penelitiannya adalah peserta didik SMPN 41 Semarang kelas VII. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, skala disposisi matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil data akhir dianalisis dengan uji rata-rata, uji kesamaan dua rata-rata, uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD mencapai ketuntasan dan lebih efektif daripada penerapan model pembelajaran PjBL. Terdapat pengaruh positif secara signifikan IQ dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model pembelajaran PBL berbantuan LKPD. Disposisi matematis secara signifikan paling berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui penerapan model PBL berbantuan LKPD pada materi aritmetika sosial dibandingkan dengan IQ.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kunci: IQ, disposisi matematis, kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 14:40
Last Modified: 07 Jan 2019 14:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32137

Actions (login required)

View Item View Item