PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING


Viva Lili Nurhidayah , 4101413101 (2017) PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413101.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (470kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir geometri merupakan kemampuan peserta didik dalam hal mengamati objek, membangun definisi berdasarkan ciri-ciri yang melekat pada objek, mengenali hubungan antara satu objek dengan objek yang lain, dan menerapkannya dalam memecahkan masalah geometri. Peningkatan kemampuan berpikir geometri Van Hiele untuk mengembangkan lima keterampilan dasar geometri peserta didik, yaitu (1) visual skills: keterampilan visual, (2) verbal skills: keterampilan verbal, (3) drawing skills: keterampilan menggambar, (4) logical skills: keterampilan logika, dan (5) applied skills: keterampilan terapan. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir geometri dan mengembangkan keterampilan dasar geometri peserta didik. Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) mengetahui bahwa kemampuan geometri peserta didik kelas VII pada materi segiempat menggunakan model pembelajaran Discovery Learning mencapai ketuntasan belajar, (2) mendeskripsikan perkembangan kemampuan berpikir geometri peserta didik kelas VII berdasarkan teori Van Hiele pada materi segiempat menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method, strategi concurrent embedded strategy, dan desain one-shot case study. Penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif berjalan bersamaan. Sampel penelitiannya adalah peserta didik SMP Negeri 3 Semarang kelas VII. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, wawancara, serta pre test dan post test kemampuan berpikir geometri. Subjek penelitian untuk wawancara adalah peserta didik yang mengalami peningkatan kemampuan berpikir geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan geometri peserta didik kelas VII pada materi segiempat menggunakan model Discovery Learning mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan berpikir geometri peserta didik kelas VII berdasarkan teori Van Hiele pada materi segiempat menggunakan model Discovery Learning mampu berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perkembangan, kemampuan berpikir geometri, keterampilan dasar geometri, teori van hiele, model pembelajaran Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 14:26
Last Modified: 07 Jan 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32133

Actions (login required)

View Item View Item