KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA


Nur Hidayah , 4101413096 (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413096.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (340kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII yang masih kurang, perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan kecerdasan logis matematis. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, diperlukan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menerapkan model CPS. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketuntasan belajar dengan model CPS pada aspek kemampuan penalaran matematis siswa, dan mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model CPS ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Penelitian ini adalah penelitian mixed methods model concurrent triangulasi design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Demak tahun pelajaran 2016/2017, sampelnya adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Demak tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, terpilih dua siswa dari tiap tingkat kecerdasan logis matematis (tinggi, sedang, dan rendah). Teknik pengumpulan data meliputi metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan uji proporsi, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu membuat transkrip data verbal, reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Wawancara terdiri atas dua subjek wawancara pada tiap masing-masing tingkat kecerdasan logis matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model CPS mencapai ketuntasan belajar pada aspek kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model CPS ditinjau dari kecerdasan logis matematis yaitu pada aspek kelancaran subjek pada tingkat kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah memiliki kemampuan memberikan jawaban yang benar beserta prosedur pengerjaan yang benar. Pada aspek keluwesan, subjek pada tingkat kecerdasan logis matematis tinggi dan sedang memiliki kemampuan menjawab masalah matematika melalui berbagai macam cara penyelesaian namun tetap mendapatkan jawaban masalah yang sesuai. Pada aspek keaslian, hanya subjek dengan tingkat kecerdasan logis matematis yang memiliki kemampuan memberikan jawaban yang tak lazim. Pada aspek elaborasi, subjek pada tingkat kecerdasan logis matematis tinggi dan sedang memiliki kemampuan mengembangkan, menambah, memperkaya, dan memperluas jawaban masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif matematis, creative problem solving (CPS), kecerdasan logis matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 16:02
Last Modified: 05 Apr 2019 19:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32126

Actions (login required)

View Item View Item