KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN QUESTIONS BOX TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PATI


Oei, Yuda Setiyo Priyanto , 4101413075 (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION BERBANTUAN QUESTIONS BOX TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (458kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji ketuntasan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran AIR; (2) untuk menguji ketuntasan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan Questions Box; (3) untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan Questions Box, model pembelajaran AIR dan model pembelajaran ekspositori, dan untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang paling baik; dan (4) untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan Questions Box, model pembelajaran AIR dan model pembelajaran ekspositori untuk setiap kelompok berdasarkan tingkat kemampuan awal matematis, dan dan untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang paling baik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pati tahun 2016/2017. Pemilihan sampel melalui teknik cluster random sampling, yaitu XI-MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran dengan model ekspositori, XI-MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 yang mendapatkan pembelajaran dengan model AIR, dan XI-MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang mendapatkan pembelajaran dengan model AIR berbantuan Questions Box. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji proporsi π pihak kanan, uji one way anova, dan uji lanjut LSD. Hasil penelitian ini yaitu (1) kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pati dengan menggunakan model pembelajaran AIR mencapai ketuntasan; (2) kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pati dengan menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan Questions Box mencapai ketuntasan; (3) kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pati dengan menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan Questions Box lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran AIR dan model pembelajaran ekspositori; (4) kemampuan penalaran matematis siswa XI SMA Negeri 2 Pati yang menggunakan model viii ix pembelajaran AIR berbantuan Questions Box lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR dan model pembelajaran ekspositori untuk masing-masing kelompok, baik kelompok rendah, sedang, maupun tinggi. Berdasarkan keempat hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran AIR berbantuan Questions Box efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pati pada materi barisan dan deret. Berdasarkan simpulan di atas, saran yang dapat direkomendasikan peneliti adalah pembelajaran AIR berbantuan Questions Box dapat dijadikan sebagai model alternatif bagi guru matematika SMA Negeri 2 Pati untuk meningkatkan kompetensi guru dan hasil belajar, khususnya pada kemampuan penalaran matematis siswa. Selain itu, pembelajaran AIR berbantuan Questions Box dapat diteliti dan dikembangkan bagi pembaca untuk materi yang lainnya yang berhubungan dengan kemampuan penalaran matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model AIR; media Questions Box; penalaran matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 15:30
Last Modified: 04 Jan 2019 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32122

Actions (login required)

View Item View Item