KEEFEKTIFAN MEDIA CAKRAM AJAIB DAN METODE KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 30 SEMARANG


Hermawan Setya Budi , 4401405096 (2010) KEEFEKTIFAN MEDIA CAKRAM AJAIB DAN METODE KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 30 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA CAKRAM AJAIB DAN METODE KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 30 SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA CAKRAM AJAIB DAN METODE KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 30 SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah kurangnya motivasi dalam pembelajaran dan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas sering dikeluhkan oleh sebagian besar guru sebagai suatu kendala dalam upaya mencapai ketuntasan belajar. Hasil observasi awal di SMP N 30 Semarang, dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran kurang optimal dan bervariasi. Padahal dengan penerapan media dalam pembelajaran dapat menarik minat dan perhatian siswa karena media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan, warna, baik secara alami maupun manipulasi, sehingga membantu guru untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup. Metode kooperatif tipe Co-op Co-op memberikan kemudahan dalam pembelajaran dengan cakupan materi yang cukup luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media cakram ajaib dibandingkan dengan penggunaan metode kooperatif tipe Co-op Co-op pada pembelajaran sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 30 Semarang. Penelitian di SMPN 30 Semarang pada semester 1 Tahun Ajaran 2009/2010 dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang. Pada penelitian ini diambil 2 kelas sebagai sampel penelitian yang ditentukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one shot case study dan membedakan hasil belajar menggunakan uji komparatif. Hasil penelitian dan analisanya menunjukkan bahwa penggunaan media cakram ajaib dan metode kooperatif tipe Co-op Co-op membuat 100% siswa mendapat nilai ≥ 67 (diatas KKM) saat digunakan dalam pembelajaran materi sistem pencernaan manusia di SMP N 30 Semarang. Berdasarkan hasil uji komparatif terdapat perbedaan keefektifan yang ditunjukkan dengan jumlah peringkat siswa kelas yang menggunaan media cakram ajaib sebesar 2270,5 sedangkan untuk kelas dengan metode kooperatif tipe Co-op Co-op sebesar 1386,5. Simpulan dari penelitian ini adalah media cakram ajaib mempunyai keefektifan lebih tinggi dibanding metode kooperatif tipe Co-op Co-op saat digunakan dalam pembelajaran materi sistem pencernaan manusia di SMP N 30 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, media cakram ajaib, metode kooperatif tipe Co-op Co-op
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 02:30
Last Modified: 25 Apr 2015 05:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item