PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI DIGITAL TARI DAERAH JAWA TENGAH BERBASIS ANDROID DENGAN METODE LINEAR SEQUENTIAL MODEL


Desianny Amalia Fauziah , 5302413085 (2017) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI DIGITAL TARI DAERAH JAWA TENGAH BERBASIS ANDROID DENGAN METODE LINEAR SEQUENTIAL MODEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302413085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (805kB) | Preview

Abstract

Kebudayaan tradisional saat ini mulai ditinggalkan, salah satunya tari tradisional. Di sekolah, proses pembelajaran masih memiliki kelemahan yaitu hanya fokus pada gerakan tari, tidak diperkenalkan sinopsis serta sejarah tarinya, dan kurangnya waktu untuk mengenalkan semua tarian di Jawa Tengah. Hal tersebut membuat pengetahuan tari daerah dirasa kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat dan pengetahuan tentang tarian daerah di Jawa Tengah melalui aplikasi berbasis android. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode Eksperimen One Shoot Case Study, dan model pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu metode Linear Sequential Model. Langkah-langkah yang harus dilalui meliputi studi lapangan, desain produk, validasi ahli dan uji responden kepada siswa kelas VII SMP N 2 Pemalang dengan jumlah sampel 32 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ensiklopedi digital tari Jawa Tengah berbasis android termasuk kategori layak digunakan berdasarkan uji blackbox dan validasi para ahli. Hasil belajar siswa diuji menggunakan uji n-Gain yang memperoleh hasil nilai gain 0,775 atau 77,5% dikatakan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil angket siswa terhadap aplikasi android menunjukkan respon yang positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa minat siswa tinggi terhadap aplikasi Ensiklopedi Digital Tari Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedi Digital, Tari Jawa Tengah, Aplikasi Android, Linear Sequential Model
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > Information and Computer > Information System
T Technology > Computer Engineering
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Jan 2019 18:28
Last Modified: 03 Jan 2019 18:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32117

Actions (login required)

View Item View Item