PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR–SHARE DENGAN PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 4 SEMARANG


Nunung Maria , 5101404019 (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR–SHARE DENGAN PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN  THINK-PAIR–SHARE  DENGAN PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG DI  SMK NEGERI 4 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR–SHARE DENGAN PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 4 SEMARANG) - Published Version
Download (491kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dikaji adalah: (1)); Adakah perbedaan peningkatan hasil belajar mata diklat IBG pada siswa yang proses pembelajarannya menggunakan kombinasi metode Think-Pair-Share dengan pemanfaatan LKS dengan siswa yang menggunakan metode Konvensional (Ceramah). Sampel penelitian adalah siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2009/ 2010, yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas X B 1, X B 2 dan X B 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes .dokumentasi digunakan untuk mengetahui nilai ulangan pada bab sebelumnya sedangkan Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mata diklat Ilmu Bangunan Gedung pada siswa yang mendapatkan pengajaran dengan menggunakan metode Think-Pair-Share dengan pemanfaatan Lembar Kerja Siswa hasilnya lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode Think-Pair-Share dengan pemanfaatan LKS lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata diklat Ilmu Bangunan Gedung dibandingkan metode konvensional (ceramah).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Think-Pair-Share dengan pemanfaatan LKS, Hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 02:25
Last Modified: 25 Apr 2015 05:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3211

Actions (login required)

View Item View Item