KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII BERDASARKAN IMPLEMENTASI PADA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI TALKING STICK


Isna Amalia Zulfa , 4101413052 (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII BERDASARKAN IMPLEMENTASI PADA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI TALKING STICK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (361kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika di SMP N 3 Kudus pada materi segitiga adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran CPS dengan strategi TS merupakan model pembelajaran yang bersifat mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Neegeri 3 Kudus berdasarkan implementasi pada model pembelajaran CPS dengan strategi TS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kudus tahun ajaran 2016/2017 yang tersebar di sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi, tes dan observasi. Data hasil tes kemampuan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji ketuntasan belajar klasikal dan uji beda dua rata-rata, dengan uji normalitas dan uji homogenitas varians sebagai uji prasyarat. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pembelajaran CPS dengan strategi TS telah mencapai ketuntasan klasikal, (2) Rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pembelajaran CPS dengan strategi TS lebih dari rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pembelajaran PBL. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu pembelajaran CPS dengan strategi TS dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika khususnya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, model CPS, strategi TS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 17:28
Last Modified: 03 Jan 2019 17:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32109

Actions (login required)

View Item View Item