KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI KELAS X DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN SCAFFOLDING


Nur Istikhomah , 4101413050 (2017) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI KELAS X DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN SCAFFOLDING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (326kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis dan percaya diri merupakan hal penting dalam pembelajaran matematika. Beberapa cara untuk mengembangkan kedua hal tersebut adalah menggunakan model pembelajaran group investigation dengan scaffolding. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis dan kepercayaan diri peserta didik kelas X pada model pembelajaran GI dengan scaffolding. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 2 Ungaran tahun pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini, dengan teknik cluster random sampling diambil secara acak dua kelas dari populasi untuk dijadikan sampel. Dari pengambilan sampel tersebut, terpilih kelas X8 sebagai kelas eksperimen yang diberi model pembelajaran GI dengan scaffolding dan kelas X7 sebagai kelas kontrol yang diberi model pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak, uji rata-rata, dan uji-t. Hasil analisis data akhir menunjukkan bahwa (1) kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan model pembelajaran GI dengan scaffolding mencapai ketuntasan klasikal, (2) kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan model pembelajaran GI dengan scaffolding mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), (3) kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan model pembelajaran GI dengan scaffolding lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan model pembelajaran ekspositori. (4) kepercayaan diri peserta didik dengan model pembelajaran GI dengan scaffolding lebih baik daripada kepercayaan diri peserta didik dengan model pembelajaran ekspositori. Saran untuk penelitian ini adalah dalam menyampaikan materi Trigonometri dapat menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan scaffolding untuk mencapai hasil belajar peserta didik yang lebih baik. Selanjutnya, sebaiknya peserta didik diberikan latihan soal-soal dan PR yang bersifat non rutin dimana soal tersebut dapat merangsang peserta didik mengembangkan kemampuan penalaran matematisnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Model GI, Percaya Diri, Scaffolding
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 17:23
Last Modified: 03 Jan 2019 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32108

Actions (login required)

View Item View Item