ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN ALAT PERAGA DAN ASESMEN FORMATIF


Almira Vito Aines , 4101413027 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN ALAT PERAGA DAN ASESMEN FORMATIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (353kB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa pada aspek pemecahan masalah merupakan aspek penting yang perlu dimiliki siswa. Fakta menunjukkan bahwa kemampuan siswa SMP Negeri 2 Purwokerto pada aspek pemecahan masalah belum optimal. Selain kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar siswa juga merupakan aspek yang penting untuk dimiliki siswa, dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Purwokerto masih belum maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan menerapkan pembelajaran model problem based learning berbantuan alat peraga dan asesmen formatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketuntasan klasikal kemampuan siswa pada aspek pemecahan masalah, menguji pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan siswa pada aspek pemecahan masalah, mendeskripsikan kemampuan siswa pada aspek pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar siswa dalam pembelajaran model problem based learning berbantuan alat peraga dan asesmen formatif, dan mendeskripsikan tindak lanjut asesmen formatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang didukung dengan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Purwokerto tahun ajaran 2016/2017. Dengan menggunakan teknik simplerandom sampling, terpilih 32 siswa kelas VIII F sebagai sampel. Selain itu, dipilih 6 subjek wawancara berdasarkan data hasil angket motivasi belajar siswa dan tes kemampuan siswa pada aspek pemecahan masalah. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes, angket, dan wawancara. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu uji normalitas, uji proporsi, analisis regresi, dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa pada aspek pemecahan masalah mencapai ketuntasan klasikal; (2) motivasi belajar siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa pada aspek pemecahan masalah; (3) siswa dengan motivasi tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan siswa pada aspek pemecahan masalah; (4) siswa dengan motivasi sedang dapat memenuhi tiga indikator kemampuan siswa pada aspek pemecahan masalah; (5) siswa dengan motivasi rendah dapat memenuhi tiga indikator pemahaman masalah, namun belum seluruhnya terpenuhi; (6) tindak lanjut asesmen formatif dapat berupa pemberian program remedial dan pengayaan selepas pembelajaran belangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Motivasi Belajar, Model Problem Based Learning, Alat Peraga, Asesmen Formatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 16:39
Last Modified: 05 Apr 2019 14:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32101

Actions (login required)

View Item View Item