ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF SISWA KELAS VII PADA MODEL PEMBELAJARAN PBL- BERTEMA DITINJAU DARI KARAKTER TANGGUNGJAWAB


Fajar Istikomah , 4101413023 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF SISWA KELAS VII PADA MODEL PEMBELAJARAN PBL- BERTEMA DITINJAU DARI KARAKTER TANGGUNGJAWAB. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (494kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran induktif penting dimiliki siswa untuk memecahkan masalah dalam mempelajari matematika. Namun, kemampuan penalaran induktif siswa kelas VII SMP N 3 Ungaran belum optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pembelajaran dengan menggunakan model PBL-Bertema untuk melatih kemampuan penalaran induktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kefektifan PBL-Bertema terhadap kemampuan penalaran induktif siswa, (2) menganalisis kemampuan penalaran induktif siswa ditinjau dari karakter tanggungjawab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilanjutkan dengan wawancara. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP N 3 Ungaran sebanyak 343 siswa dengan sampel siswa kelas VII G sebanyak 35 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII E sebanyak 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yakni soal tes kemampuan penalaran induktif siswa, angket karakter tanggungjawab, angket respon siswa, dan lembar pengamatan aktivitas guru. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji proporsi, uji t, uji dua proporsi, uji t berpasangan, serta gain ternormalisasi. Subjek penelitian yaitu masing-masing dua siswa dari kategori siswa dengan karater tanggungjawab tinggi, tanggungjawab sedang, dan tanggungjawab rendah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PBL-Bertema efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran induktif siswa. Siswa yang memiliki karakter tanggungjawab tinggi mampu menguasai semua indikator penalaran induktif yakni mengumpulkan data, menemukan pola, dan membuat kesimpulan, siswa yang memiliki karakter tanggungjawab sedang belum mampu menguasai indikator menemukan pola, siswa yang memiliki karakter tanggungjawab rendah belum mampu menguasai indikator menemukan pola dan membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Induktif, PBL-Bertema, Karakter Tanggungjawab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 16:36
Last Modified: 03 Jan 2019 16:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32100

Actions (login required)

View Item View Item