Analisis Pelaksanaan Program Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.


Rian Yuanto Susilo, 3364000108 (2005) Analisis Pelaksanaan Program Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Pelaksanaan Program Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.]
Preview
PDF (Analisis Pelaksanaan Program Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.) - Published Version
Download (356kB) | Preview

Abstract

Hasil PPL, merupakan suatu tolok ukur dalam keberhasilan pembentukan mental keguruan pada mahasiswa kependidikan, namun demikian banyak faktor yang mempengaruhi pencapaian keberhasilan PPL itu sendiri. Oleh karenanya, masih diperlukan penelitian agar hasil PPL dapat tercapai dengan maksimal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimanakah hasil pelaksanaan PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES? b) Bagaimanakah prestasi belajar matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, serta Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong? c) Adakah pengaruh prestasi belajar matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, serta Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong terhadap hasil PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES, baik secara simultan maupun parsial? d) Seberapa besarkah pengaruh matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, serta Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong terhadap hasil PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES, baik secara simultan maupun parsial? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES. 2) Untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, serta Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh prestasi belajar matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, serta Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong terhadap hasil PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES, baik secara simultan maupun parsial. 4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, serta Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong terhadap hasil PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES, baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2000 yang telah mengikuti program PPL dan telah menempuh seluruh matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, dan SBMA, sebelum berakhirnya semester 6 (enam) yang berjumlah 78 orang. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata hasil PPL berdasarkan nilai adalah dengan kriteria “Sangat Baik”, sementara hasil PPL berdasarkan penilaian diri sendiri adalah 76,27 dengan kriteria “Baik”. Rata-rata prestasi belajar matakuliah kelompok MKK Akuntansi adalah76,86 dengan kriteria “Baik”, rata-rata prestasi belajar matakuliah PPA adalah 78,69 dengan kriteria “Baik”, rata-rata prestasi belajar matakuliah SBMA adalah 71,65 dengan kriteria “Baik”. Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong adalah “Baik”. Berdasarkan hasil analisis statistik 1, secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 8,865 dengan p (0,000 < 0,05) yang berarti signifikan. Secara parsial diperoleh thitung untuk matakuliah kelompok MKK Akuntansi sebesar 1,062 dengan p (0,292 > 0,05) yang berarti tidak signifikan, thitung untuk matakuliah PPA sebesar 0,579 dengan p (0,564 > 0,05) yang berarti tidak signifikan, thitung untuk matakuliah SBMA sebesar 1,229 dengan p (0,223 > 0,05) yang berarti tidak signifikan, thitung untuk Peran Dosen Pembimbing sebesar 3,130 dengan p (0,003 < 0,05) yang berarti signifikan, dan thitung untuk Peran Guru Pamong sebesar 3,744 dengan p (0,000 < 0,05) yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil analisis statistik 2, secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 10,280 dengan p (0,000 < 0,05) yang berarti signifikan. Secara parsial diperoleh thitung untuk matakuliah kelompok MKK Akuntansi sebesar -0,027 dengan p (0,978 > 0,05) yang berarti tidak signifikan, thitung untuk matakuliah PPA sebesar -0,373 dengan p (0,710 > 0,05) yang berarti tidak signifikan, thitung untuk matakuliah SBMA sebesar –0,425 dengan p (0,672 > 0,05) yang berarti tidak signifikan, thitung untuk Peran Dosen Pembimbing sebesar 3,455 dengan p (0,001 < 0,05) yang berarti signifikan, dan thitung untuk Peran Guru Pamong sebesar 4,811 dengan p (0,000 < 0,05) yang berarti signifikan. Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa Hasil PPL Berdasarkan Nilai secara umum adalah sangat baik, sementara Hasil PPL Berdasarkan Penilaian Diri Sendiri secara umum adalah baik. 2) berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa prestasi belajar matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA dan SBMA secara umum adalah baik. Demikian pula halnya dengan Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong yang memiliki kriteria baik. 3) Berdasarkan hasil analisis statistik 1 dan 2, diketahui bahwa ada pengaruh secara simultan antara prestasi belajar matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong terhadap Hasil PPL Berdasarkan Nilai dan Berdasarkan Penilaian Diri Sendiri. Namun demikian secara parsial diketahui bahwa prestasi belajar matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, dan SBMA tidak berpengaruh secara signifikan, sementara Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Hasil PPL Berdasarkan Nilai dan Berdasarkan Penilaian Diri Sendiri. 4) Besarnya pengaruh simultan matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong terhadap hasil PPL Berdasarkan Nilai adalah 33,8%, sementara secara parsial besarnya pengaruh Peran Dosen Pembimbing adalah 11,97%, dan Peran Guru Pamong adalah 16,32%. Besarnya pengaruh simultan matakuliah kelompok MKK Akuntansi, PPA, SBMA, Peran Dosen Pembimbing dan Guru Pamong terhadap hasil PPL Berdasarkan Penilaian Diri Sendiri adalah 37,6%, sementara secara parsial besarnya pengaruh Peran Dosen Pembimbing adalah 14,21%, dan Peran Guru Pamong adalah 24,30%. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan maka disarankan: Bagi pihak Universitas Negeri Semarang dan sekolah hendaknya mengadakan koordinasi yang intensif terhadap pelaksanaan Program PPL sehingga akan melahirkan pemahaman konsep yang menyatu untuk keberhasilan PPL. Bagi Dosen Pembimbing hendaknya lebih meningkatkan lagi kualitas bimbingannya dengan lebih memperhatikan pelaksanaan bimbingan yang dilakukan selama pelaksanaan PPL. Bagi Guru Pamong hendaknya lebih meningkatkan lagi kualitas bimbingannya dengan lebih memperhatikan perencanaan yang disusun dalam pelaksanaan PPL sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara sistematis. Dosen Pembimbing dan Guru Pamong hendaknya menjalin koordinasi yang lebih intensif untuk dapat memberikan arahan yang mendalam kepada mahasiswa praktikan PPL. Bagi mahasiswa, hendaknya terus meningkatkan prestasi belajarnya dengan cara memanfaatkan fasilitas belajar yang tersedia dan ikut berperan aktif dalam organisasi kemahasiswaan sehingga akan lebih siap dalam pelaksanaan PPL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PPL, MKK Akuntansi, PPA, SBMA, Dosen Pembimbing, Guru Pamong.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Mar 2011 02:33
Last Modified: 25 Apr 2015 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item