ANALISIS HASIL ASESMEN FORMATIF PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES


Naely Nafilah , 4101413019 (2017) ANALISIS HASIL ASESMEN FORMATIF PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) pada pencapaian kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan asesmen formatif, mendeskripsikan analisis hasil asesmen formatif dalam pembelajaran Model Eliciting Activities pada pencapaian kemampuan penalaran matematis peserta didik, dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam pembelajaran Model Eliciting Activities dengan asesmen formatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kombinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs IN Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, diperoleh kelas VII-F sebagai kelas penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) dengan asesmen formatif sudah berkualitas, terlihat dari kualitas proses pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) dengan asesmen formatif menunjukkan kategori baik sekali dan kualitas hasil pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) dengan asesmen formatif menujukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan penalaran matematis peserta didik mencapai lebih dari atau sama dengan 70 dan presentase ketuntasan hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik mencapai lebih dari atau sama dengan 75%; (2) peserta didik yang remidi pada tes formatif, setelah diberikan tindak lanjut pembelajaran remidi pada tes pasca remidi formatif menunjukkan bahwa subjek telah mampu memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis; (3) peserta didik pada kelompok atas mampu memenuhi empat indikator kemampuan penalaran matematis, kelompok tengah mampu memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis, dan kelompok bawah mampu memenuhi dua indikator kemampuan penalaran matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Formatif, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Model Elicitng Activities
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 14:38
Last Modified: 03 Jan 2019 14:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32097

Actions (login required)

View Item View Item