ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED


Zanuar Triwibowo, 4101413014 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (501kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII melalui model pembelajaran Treffinger dengan pendekatan open-ended dapat mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan dan mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Treffinger dengan pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII materi persegi panjang dan persegi, serta mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII ditinjau dari gaya belajar melalui model pembelajaran Treffinger dengan pendekatan open-ended. Gaya belajar yang dimaksud adalah gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods, dengan desain penelitian concurrent triangulation. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Ungaran, pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Diperoleh sampelnya adalah kelas VII-F. Kemudian untuk subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive yaitu dengan pertimbangan dari skor tertinggi gaya belajar siswa dan keaktifan siswa saat pembelajaran sehingga diperoleh 6 subjek yang terbagi menjadi 2 subjek untuk tiap gaya belajar. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t, uji-z dan uji n-gain. Analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, triangualasi dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalusi model pembelajaran Treffinger dengan pendekatan open-ended mencapai ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal; (2) Model pembelajaran Treffinger dengan pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII pada materi persegi panjang dan persegi dengan indeks gain sebesar 0,47 kriteria sedang (3) Siswa dengan gaya belajar visual termasuk dalam Tingkat Berpikir Kreatif Matematis (TKBM) Level 4 atau sangat kreatif yang menunjukkan bahwa siswa mampu menyelesaikan suatu masalah dengan lebih dari satu alternatif jawaban yang berbeda secara fasih dan fleksibel dengan hasil pemikirannya sendiri yang tidak biasa (baru) dikerjakan siswa pada umumnya; (4) Siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik termasuk dalam Tingkat Berpikir Kreatif Matematis Level 3 atau kreatif yang menunjukkan bahwa siswa mampu menyusun cara yang berbeda (fleksibel) dengan lancar (fasih) untuk mendapatkan jawaban yang beragam, meskipun jawaban tersebut tidak “baru”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Gaya Belajar, Model Pembelajaran Treffinger, Pendekatan Open-Ended
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 14:31
Last Modified: 03 Jan 2019 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32096

Actions (login required)

View Item View Item