ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING


Fitriyah Amaliyah , 4101413013 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TSTS (TWO STAY TWO STRAY) DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII materi lingkaran dan untuk mengetahui bagaimana deskripsi kemampuan pemecahan masalah dan tanggung jawab siswa ditinjau dari self regulated leaning. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kombinasi (mixed methods). Pengumpulan data dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengumpulan data kuantitatif dan data kualitatif. Untuk data kuantitatif diperoleh dari hasil nilai pretest dan posttest. Untuk data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara sebanyak 2 siswa dari masing-masing kategori self regulated learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII pada materi lingkaran dengan indeks gain sebesar 0,58 kriteria sedang; (2) Siswa kategori regulation of cognition dan siswa kategori regulation of motivation mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang baik pada setiap tahap kemampuan pemecahan masalah menurut polya, selanjutnya siswa kategori regulation of behaviour mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang baik pada tahap memahami masalah dan merencanakan penyelesaian sedangkan pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali dalam kategori cukup; (3) Siswa kategori regulation of cognition mencapai presentasi setiap indikator tanggung jawab, siswa kategori regulation of motivation mencapai presentasi indikator ke tiga tanggung jawab, sedangkan siswa siswa kategori regulation of behaviour dan mencapai presentasi semua indikator tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, tanggung jawab siswa, two stay two stray stray, self regulated learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 13:32
Last Modified: 03 Jan 2019 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32092

Actions (login required)

View Item View Item