EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMP NEGERI 5 PATI


Hanny Hutri Anggraeni , 5302412101 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMP NEGERI 5 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412101.pdf]
Preview
PDF - Submitted Version
Download (612kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi hasil observasi di SMP Negeri 5 Pati yang menunjukkan rendahnya ketertarikan dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran TIK dengan hasil yang belum maksimal. Tujuan penelitian, mengetahui efektivitas dan tingkat keefektifan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Mind Mapping terhadap pemahaman konsep siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian, siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pati. Sampel penelitian, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian uji efektivitas dengan bantuan uji statistik deskriptif menunjukkan ketercapaian tiap-tiap aspek pemahaman konsep siswa kelas ekpserimen mengalami peningkatan pada semua aspek, rentang peningkatan tertinggi pada aspek inferensi sebesar 47%. Hal tersebut diperkuat dengan uji ttest didapatkan thitung 8.23 > ttabel 2.002, menunjukkan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dari kelas kontrol. Uji effect size menunjukkan keefektifan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Mind Mapping yang ditimbulkan terhadap pemahaman konsep siswa sangat tinggi. Hal tersebut diperkuat dengan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran Quantum Teaching selama tiga pertemuan diperoleh hasil dengan kategori sangat baik. Kesimpulan, model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Mind Mapping efektif terhadap pemahaman konsep siswa dan tingkat keefektifan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Mind Mapping sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Quantum Teaching, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
T Technology > Information and Computer
T Technology > Information and Computer > Information System
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 02 Jan 2019 15:23
Last Modified: 02 Jan 2019 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32089

Actions (login required)

View Item View Item