KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MURDER TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF CONCEPT SISWA KELAS X


Sofan Tri Prasetiyo , 4101412199 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MURDER TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF CONCEPT SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412199.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (407kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemamuan penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran MUDER, (2) untuk mengetahui kemamuan penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran MUDER dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori, dan (3) untuk mengetahui self concept siswa dengan menggunakan model Pembelajaran MURDER dibandingkan dengan siswa dengan menggunakan pembelajaran ekspsitori. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Kebumen tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih ada dua kelas yaitu kelas X MIA E sebagi kelas eksperimen dengan mengguakan model pembelajaran MURDER dan kelas X MIA G sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, metode angket, dan metode observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji ketuntasan dan uji beda ratarata. Analisis data awal menunjukkan bahwa data dari kedua kelas penelitian berdistribusi normal, homogen, dan mempunyai rata-rata yang sama. Hasil analisis data akhir menunjukan bahwa: (1) Kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif MURDER telah mencapai ketuntasan belajar individual dan klasikal; (2) Kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif MURDER lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori; (3) Self concept siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif MURDER lebih baik daripada self concept siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model MURDER, Kemampuan Penalaran Matematis, Self Concept
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2018 12:33
Last Modified: 31 Dec 2018 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32082

Actions (login required)

View Item View Item