ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VII MELALUI APLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA


Ana Dwi Ariyani , 4101412170 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VII MELALUI APLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412170.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (297kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematika yang harus dimiliki siswa. Model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah antara lain model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran dengan model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Kelas VII G sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL bernuansa etnomatematika dan kelas VII F sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model ekspositori. Untuk kualitatif, pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji rata-rata, uji proporsi, uji sampel berpasangan, dan kualitatif deskriptif. Simpulan yang diperoleh adalah: 1) kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada sub materi persegi panjang dan persegi dengan model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika mencapai ketuntasan klasikal; 2) rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada sub materi persegi panjang dan persegi dengan model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika lebih baik daripada rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori; 3) Pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika dapat meningkatkan sikap cinta budaya lokal; ; 4) subjek pada kemampuan tingkat tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah siswa sangat baik, subjek pada kemampuan tingkat sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah siswa cukup baik, dan subjek pada kemampuan tingkat rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah siswa kurang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2018 12:21
Last Modified: 05 Apr 2019 14:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32079

Actions (login required)

View Item View Item