IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KARAKTER JUJUR SISWA SMP


Erik Rahman , 4101412155 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KARAKTER JUJUR SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412155.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (454kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif. kemampuan pemecahan masalah memiliki peranan yang sangat strategis dalam mengembangkan potensi intelektual anak. Selain itu, karakter menjadi salah satu tujuan pembelajaran, Karakter yang sering disoroti dalam mendidik siswa yaitu karakter jujur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan pembelajaran siswa, peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, dan peningkatan karakter jujur siswa kelas VIII dengan Pembelajaran Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest Posttest-Only Control Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Taman Pemalang. kemudian diambil dua kelompok sampel kelas, yaitu VIIIA dan VIIIE. Data diambil melalui dokumentasi, observasi, tes, dan dianalisis. Hasil penelitian ini adalah 1) persentase ketuntasan tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih dari 75%; 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dengan Pembelajaran Project Based Learning ditunjukkan dengan, rata-rata postes lebih dari rata-rata pretes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen, indeks gain menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,66 (kategori sedang), rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih dari rata-rata kelas kontrol; 3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dengan Pembelajaran Project Based Learning ditunjukkan dengan, rata-rata postes lebih dari rata-rata pretes karakter jujur siswa kelas eksperimen, indeks gain menunjukkan peningkatan karakter jujur sebesar 0,25 (kategori rendah), rata-rata peningkatan karakter jujur siswa kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Karakter Jujur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2018 12:17
Last Modified: 31 Dec 2018 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32078

Actions (login required)

View Item View Item