KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERDASARKAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK KELAS X


Tasbiatun Solehah , 4101412145 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERDASARKAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412145.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (449kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran problem-based learning berdasarkan gaya koginitif merupakan salah satu model pembelajaran yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan penalaran peserta didik dengan adanya pengembangan dalam pembelajaran yaitu dengan memperhatikan gaya kognitf dari masing-masing peserta didik dan memberikan treatmen yang berbeda dari masing-masing gaya kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menguji ketuntasan kemampuan penalaran peserta didik pada pembelajaran dengan menggunakan model PBL berdasarkan gaya kognitif.; (2) Untuk menguji ketuntasan kemampuan penalaran peserta didik yang bertipe gaya kognitif field independent pada pembelajaran dengan menggunakan model PBL berdasarkan gaya kognitif.; (3) Untuk menguji ketuntasan kemampuan penalaran peserta didik yang bertipe gaya kognitif field dependent pada pembelajaran dengan menggunakan model PBL berdasarkan gaya kognitif.; (4) Untuk menguji perbedaan kemampuan penalaran peserta didik yang bertipe gaya kognitif field independent dengan peserta didik yang bertipe gaya kognitif field dependent pada pembelajaran dengan menggunakan model PBL berdasarkan gaya kognitif.; (5) Untuk mengetahui kemampuan penalaran peserta didik yang bertipe gaya kognitif field independent pada pembelajaran dengan menggunakan model PBL berdasarkan gaya kognitif.; (6) Untuk mengetahui kemampuan penalaran peserta didik kelas yang bertipe gaya kognitif field dependent pada pembelajaran dengan menggunakan model PBL berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Wanadadi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas penelitian. Pengumpulan data meliputi tes GEFT dan tes kemampuan penalaran. Analisis data yang digunakan uji proporsi dan uji kesamaaan rata-rata. Hasil penelitian menyebutkan bahwa (1) kemampuan penalaran peserta didik mencapai ketuntasan secara klasikal dari KKM yang sudah ditetapkan.; (2) Peserta didik yang bertipe gaya kognitif field independent mencapai ketuntasan secara klasikal dari KKM yang sudah ditetapkan.; (3) Peserta didik yang bertipe gaya kognitif field independent mencapai ketuntasan secara klasikal dari KKM yang sudah ditetapkan.; (4) Kemampuan penalaran peserta didik yang bertipe gaya kognitif field independent memiliki perbedaan yang tidak signifikan terhadap kemampuan penalaran peserta didik yang bertipe gaya kognitif field dependent. (5) Kemampuan penalaran peserta didik yang bertipe gaya kognitif field independent memperoleh hasil yang baik pada setiap indikator penalaran yaitu mengajukkan dugaaan, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti, dan menarik kesimpulan.; (6) Kemampuan penalaran peserta didik yang bertipe gaya kognitif field dependent memperoleh hasil yang baik indikator penalaran mengajukkan dugaaan, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti, namun sedikit kurang pada indikator menarik kesimpulan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Problem-Based Learning berdasarkan gaya kognitif, Penalaran, Field Independent, Field Dependent
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2018 12:06
Last Modified: 31 Dec 2018 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32075

Actions (login required)

View Item View Item