KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SQ3R DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 ALAS, NTB


Natalia Kristianingsih , 4101412144 (2017) KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SQ3R DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 ALAS, NTB. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412144.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (503kB) | Preview

Abstract

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 menyatakan salah satu tujuan pembelajaran matematika di Indonesia adalah untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir kreatif. Namun, saat ini tujuan tersebut belum tercapai. Ratarata nilai UN Matematika siswa SMAN 1 Alas masih rendah. Rendahnya nilai UN menunjukkan siswa SMAN 1 Alas belum mampu mejawab soal-soal UN dengan tepat. Tentu saja hal ini mencerminkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMAN 1 Alas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran SQ3R dengan pendekatan open-ended efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMAN 1 Alas. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Alas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih siswa dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan pengamatan. Berdasarkan hasil analisis data tes kemampuan berpikir kreatif matematis diperoleh (1) rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model SQ3R dengan pendekatan open-ended lebih dari KKM, (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model SQ3R dengan pendekatan open-ended mencapai ketuntasan klasikal, dan (3) ratarata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model SQ3R dengan pendekatan open-ended lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran SQ3R dengan pendekatan open-ended efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Saran yang diberikan dalam penelitian ini guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran SQ3R dengan pendekatan open-ended sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi peluang. Selain itu, guru dapat memberikan soal-soal bertipe open-ended pada siswa sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran SQ3R, SQ3R, pendekatan open-ended, kemampuan berpikir kreatif matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2018 12:03
Last Modified: 31 Dec 2018 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32074

Actions (login required)

View Item View Item