ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO


Rista Tri Rahayuningsih , 4101412102 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412102.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (382kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan siswa pada pembelajaran matematika adalah siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari, siswa merasa bingung menentukan konsep yang harus dipakai untuk menyelesaikannya. Hal ini disebabkan kurangnya penerapan pembelajaran yang inovatif dan realistik dalam membantu mengaitkan materi ajar dengan permasalahan di dunia nyata. Selain itu, media pembelajaran yang praktis juga dapat memudahkan proses belajar siswa. Oleh sebab itu, pada penelitian ini diterapkan model PBL-PRS-E. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan ada perbedaan kemampuan literasi matematika siswa kelompok sampel dan antar gaya belajar, membuktikan ada interaksi antara kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan kelompok sampel dengan gaya belajar, membuktikan ada perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelompok sampel, dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini merupakan kombinasi model concurrent embedded dengan 70% kuantitatif dan 30% kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan pretestposttest control group design dengan pemilihan sampel secara random sampling, sedangkan penelitian kualitatif menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 1 Majenang tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel kelas IX G sebagai kelompok eksperimen 1 menggunakan model PBL-PRS-E, kelas IX E sebagai kelompok eksperimen 2 menggunakan model PBL-PS, dan kelas IX F sebagai kelompok kontrol menggunakan pendekatan saintifik. Dipilih 9 siswa dari kelompok eksperimen 1 sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan model PBL-PRS-E lebih dari kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan model PBL-PS dan pendekatan saintifik, (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan gaya belajar, (3) tidak terjadi interaksi antara kemampuan literasi matematika berdasarkan model pembelajaran dengan gaya belajar, (4) peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan model PBL-PRS-E lebih dari peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan pendekatan saintifik, tetapi tidak lebih dari peningkatan kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan model PBL-PS, dan (5) kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan gaya belajar pada kelompok eksperimen 1 cukup baik, siswa mengalami kesalahan dalam memahami soal, menerapkan konsep, dan menyimpulkan solusi permasalahan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBL, Realistik, Edmodo, Gaya Belajar, Literasi Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2018 14:56
Last Modified: 28 Dec 2018 14:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32069

Actions (login required)

View Item View Item