KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP


Wahyu Budi Wicaksono , 4101412037 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (237kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan motivasi belajar merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika karena dapat dijadikan salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Namun, fakta di lapangan menunjukan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 2 Pati belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa dengan indikator keefektifan (1) hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dapat mencapai ketuntasan klasikal; (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran ekspositori; (3) rata-rata skor motivasi belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks lebih tinggi dari rata-rata skor motivasi motivasi siswa dengan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pati tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan skala. Data hasil penelitian diolah menggunakan uji proporsi dan uji-

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif , Hasil belajar, Motivasi belajar, Pair Checks.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 28 Dec 2018 14:47
Last Modified: 28 Dec 2018 14:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32067

Actions (login required)

View Item View Item